Berita


KEGIATAN PESANTREN KILAT SMA NEGERI 2 SEBULU 1444 H


SMA Negeri 2 Sebulu- Pesantren kilat merupakan kegiatan yang lazim dilakukan sekolah dalam rangka mengisi bulan Ramadan atau liburan sekolah. Tujuan adanya kegiatan pesantren kilat salah satunya adalah untuk membantu para peserta didik mempermudah dan memperdalam pembelajaran ilmu agama Islam. Meski para peserta didik yang ada di dalam lembaga pendidikan umum tak berada di dalam lingkungan pondok pesantren. Namun, suasana yang ingin ditumbuhkan dalam kegiatan pesantren kilat dibuat seolah seperti sedang berada di dalam pondok pesantren. Oleh sebab itu, dalam mengadakan kegiatan pesantren kilat memiliki beberapa nilai penting yang diterapkan dan tidak berbeda jauh dari nilai yang didapatkan saat belajar di dalam sebuah pondok pesantren. Nilai-nilai yang didapatkan dalam kegiatan pesantren kilat adalah meningkatkan nilai pengetahuan agama, kebersamaan, dan kesederhanaan.

 

Kegiatan pesantren kilat ini dilaksanakan selama 3 hari, mulai dari tanggal 10-12 April 2023 di Masjid Al-Muhajirin yang dihadiri oleh seluruh warga SMANDALU. Kegiatan hari pertama sambutan dari Kepala Sekolah Bapak Fadli Yulizannur, S.Pd., M.App.Ling. dan dibuka secara langsung oleh Bapak Salehuddin, S.Sos., S.Fil. anggota komisi IV DPRD Kalimantan Timur. Beliau menyampaikan kepada peserta didik untuk memanfaatkan kegiatan pesantren kilat dengan sebaik mungkin dan dapat menambah nilai-nilai keagamaan.

 

“Kegiatan pesantren kilat ini salah satunya adalah mengajarkan disiplin dan menjadikan kita untuk berkarakter islami sehingga saya harapkan kegiatan ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin dan dapat menambah nilai-nilai keagamaan”, tutur Pak Salehuddin.

 

Kemudian dilanjutkan ceramah oleh Ustadz Machroji Anwar. Beliau menyampaikan materi tentang puasa dan kesabaran dalam berpuasa.

Hari kedua diawali dengan solat dhuha secara berjamaah kemudian dilanjutkan penyampaian dakwah tentang solat wajib oleh Ibu Fatmawati, S.PdI. yang dihadiri kelas X dan tadarus Al-Qur’an. Hari terakhir juga diawali dengan solat dhuha secara berjamaah kemudian dilanjutkan penyampaian dakwah tentang puasa oleh Bapak Gafur, S.PdI. yang dihadiri kelas XI dan tadarus Al-Qur’an.

 

SALAM SMART

KEEP SPIRIT

GALERI