Berita


Gerakan Masyarakat Hidup Sehat


Corona virus adalah kumpulan virus yang bisa menginfeksi sistem pernapasan, Virus ini menular melalui percikan dahak (droplet) dari saluran pernapasan. Virus Corona yang menyebabkan COVID-19 bisa menyerang siapa saja, gejala umum yang bisa menandakan seseorang terinfeksi virus Corona, yaitu: Demam (suhu tubuh di atas 37,5 derajat Celsius), Batuk kering, Sesak napas. Karena mudah menular, virus Corona juga berisiko tinggi menginfeksi siapa saja.

Sudah satu tahun pandemi covid-19 mewabah hampir diseluruh dunia yang membuat para siswa/siswi harus belajar dirumah, oleh karena itu semua pihak harus mematuhi Protokol Kesehatan, dengan mematuhi Protokol Kesehatan diharapkan dapat terhindar dari Covid-19,” kepala SMA NEGERI 2 SEBULU berpesan kepada para siswa/siswi dan orang tua yang ada di rumah agar tidak lupa menjaga kesehatan dengan tetap mematuhi Protokol kesehatan dengan tetap Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, serta Membatasi mobilisasi dan interaksi dimanapu berada.”Pesan Fadli Yulizannur, M.App.Ling.

Kepala SMA NEGERI 2 SEBULU  meminta kepada seluruh warga sekolah agar tetap menjaga kesehatan diri sendiri dan keluarga dengan terus berperilaku hidup bersih dan sehat yang perlu disadari benar adalah pentingnya menjaga kesehatan diri sendiri karena pencegahan tersebut adalah yang paling baik dan murah. Adapun langkah pencegahan dan menjaga diri dari Virus Corona adalah dengan menerapkan GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat). Adapun caranya adalah dengan beberapa kegiatan berikut:

1.      Rajin cuci tangan pakai sabun

2.      Makan dengan gizi yang seimbang

3.      Rajin berolahraga dan istirahat yang cukup

4.      Jaga kebersihan lingkungan

5.      Tidak merokok

6.      Minum air mineral 8 gelas/hari

7.      Makan makanan yang dimasak dengan sempurna dan jangan makan daging dari hewan yang berpotensi menularkan

8.      Bila demam dan sesak nafas, segera ke fasilitas Kesehatan

9.      Gunakan masker bila batuk atau tutup mulut dengan lengan atas bagian dalam

10.  Jangan lupa berdoa.

Itulah beberapa cara mencegah virus Corona dengan GERMAS. Dengan meningkatkan kesehatan diri sendiri dan keluarga, dapat menciptakan lingkungan yang bersih dan dapat mengurangi risiko terkena penyakit.

GALERI